Mengenal Zumba Kids
Mei 3, 2021

Mengenal Zumba Kids , Olahraga Anak Yang Memberikan Banyak Manfaat

By Allonand

 

Mengenal Zumba Kids – Memasuki masa pandemi saat ini membuat kita diharuskan untuk melakukan aktifitas sehari hari di dalam rumah guna meminimalisir penyebaran virus covid-19. Hal ini yang akhirnya membuat aktifitas keseharian sebelumnya seperti bekerja , bersekolah dan lain sebagainya harus dilakukan secara online.

 

Untuk anak anak , pembelajaran jarak jauh tentu bisa membuat mereka mudah Cakrabet Login merasa bosan karena hanya harus berdiam diri di rumah tanpa berinteraksi secara langsung dengan teman temannya. Nah untuk para orang tua yang khatawir dengan masalah itu kalian bisa mengatasinya dengan mengajak mereka berolahraga. Zumba kids bisa menjadi salah satu olahraga anak yang bisa membuat mereka kembali aktif bergerak.

Mengenal Zumba Kids

 

“Zumba kids merupakan latihan zumba yang dipersiapkan untuk anak-anak. Konsep dan gerakannya sama dengan zumba pada umumnya. Masih menggunakan musik latin dan teknik olahraga yang sama,” kata Zumba Instructor Network (ZIN) Sistya Windasari saat group media interview secara virtual Selasa, 21 Juli 2020.

 

Karena dikhususkan untuk anak anak , akan ada permainan , kegiatan tambahan, dan eksplorasi budaya dalam setiap kelasnya dalam olahraga Zumba Kids. Sesi latihannya akan dibuat senyaman dan semenyenangkan mungkin agar anak anak tidak cepat bosan.

 

“Kelas ini memang didesain untuk anak berusia 7–11 tahun karena mereka sudah bisa mengikuti gerakan dengan lebih baik. Tapi, anak di bawah umur tersebut tetap bisa join untuk mendorong mereka lebih aktif bergerak,” imbuh Tya.

 

Setiap kelas Zumba Kids umumnya memiliki durasi sekitar 30 hingga 45 menit dengan intensitas medium to low. Kalian tidak perlu khawatir anak kalian akan tertular virus corona karena latihan olahraga ini dilakukan secara virtual.

 

“Nanti kelasnya bakal diinfo oleh instruktur masing-masing. Apa saja yang bakal dilakukan pun bakal diberitahukan sebelum kelas. Karena dalam pelaksanaannya mungkin butuh bola, pena, atau benda lain,” ujarnya.

 

Tya merekomendasikan untuk melakukan latihan Zumba Kids sebanyak dua kali dalam seminggu. “Slot waktu olahraga dalam seminggu bisa diubah dengan kegiatan berbeda. Jadi, tidak cuma zumba supaya anak tak bosan,” katanya.

 

Menurut Psikolog Finandita Utari , gerakan zumba yang aktif dan termasuk non-stop cardio akan memberikan banyak manfaat baik untuk anak anak , mulai dari meningkatkan kecerdasan kinestetik, emosional hingga motorik anak. “Dalam praktiknya, anak harus mengikuti instruksi, ada irama dan tempo yang harus disesuaikan. Masuk pula unsur kerja sama,” katanya.

 

Ia menambahkan jika karakter anak di bawah umur lima tahun umumnya cenderung mudah merasa bosan. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk menggunakan variasi gerakan berulang seperti dengan mempraktikan tiga gerakan terlebih dahulu. Jangan tambahkan gerakan lainnya sebelum anak bisa menguasai tiga gerakan sebelumnya.

 

“Tapi, aturan ini pun tak baku. Bila anak adaptif, cukup patuh, dan Agen Sbobet Terpercaya bisa mengikutii, gerakan bisa ditambah,” tuturnya.

 

Sedangkan menurut Tya , olahraga ini dapat menstimulus kesadaran budaya, percaya diri, daya ingat, rasa menghargai, dan kerja sama dalam tim. “Ada pengembangan diri, di samping aktif bergerak,” ucapnya.